Bingung Membuat Itinerary? Ikuti 5 Cara Mudah Membuat Itinerary Berikut.

cara mudah membuat itinerary
82 / 100

YoustayBingung Membuat Itinerary? Ikuti 5 Cara Mudah Membuat Itinerary Berikut.

Mungkin sebagian dari kalian masih asing dengan istilah Itinerary. Memang apa sih arti Itinerary itu? Itinerary merupakan jadwal perjalanan liburan yang telah direncanakan secara detail dan terarah, kita bisa menyesuaikan budget dan memaksimalkan pengalaman liburan.

Namun, bagaimana cara membuat itinerary agar traveling berjalan menyenangkan? Yuk, simak cara membuatnya.

Cara Membuat Itinerary Perjalanan Liburan

  1. Tentukan destinasi tujuan wisata
    Ikuti 5 Cara Mudah Membuat Itinerary Berikut.

    Hal yang pertama harus kamu tentukan dalam membuat itinerary ialah tujuan destinasi wisata. Jika kamu memilih untuk mengunjungi suatu negara misalnya, tentu hal-hal yang patut direncanakan akan menjadi lebih rinci.
    Setelah menentukan akan pergi berlibur ke luar atau dalam negeri, tentukan kota atau daerah yang akan dikunjungi serta apa saja yang akan dieksplore, apakah kulinernya, wisata sejarahnya, wisata belanja atau hal lain yang menarik perhatian mu.

  2. Memilih waktu
    See the source image
    Jika ingin pergi ke Seoul, Korea Selatan, misalnya, kamu perlu menentukan kapan waktu tepat untuk berkunjung. Sebagai contoh, jika ingin datang saat musim dingin, kamu harus membawa perlengkapan pribadi, seperti pakaian dan obat-obatan yang sesuai dan memang dibutuhkan. Memilih waktu juga berguna untuk menentukan lokasi wisata apa saja yang tersedia dan bisa dikunjungi.
  3. Tentukan lokasi wisata
    Setelah menentukan tujuan dan waktu yang sesuai, saatnya menentukan tempat wisata apa saja yang akan di kunjungi, misalnya saat akan berkunjung ke Kota Seoul dan akan berwisata kuliner di sana, maka carilah lokasi wisata berupa restoran-restoran atau street food mana saja yang wajib dikunjungi.
  4. Lakukan riset
    See the source image

    Di tengah kemajuan teknologi saat ini, kamu akan dipermudah untuk membuat itinerary perjalanan liburan karena banyaknya sumber rekomedasi wisata yang banyak ditemukan pada blog dan vlog seseorang yang pernah pergi ke lokasi tujuan wisata mu sebelumnya.
    Oleh karena itu, lakukanlah riset dan catatlah informasi-informasi penting. Sebagai contoh, jenis transportasi apa saja yang harus dinaiki dan bagaimana mengakses jenis transportasi publik tersebut. Kamu juga dapat menentukan rekomendasi tempat menginap nyaman yang sesuai dengan keinginan.
  5. Buatlah tabel perencanaan

    See the source image

    Setelah melakukan keempat tahap diatas, saatnya membuat tabel yang berisi tanggal, tujuan wisata, tempat menginap, aktivitas yang akan dilakukan dan estimasi biaya untuk menjadi patokan perjalanan liburan.

    Nah, setelah mengetahui cara membuat itinerary perjalanan agar liburanmu teratur dan menyenangkan, yuk segera dipraktikkan!

Facebook
Twitter
LinkedIn